Minggu, 10 Februari 2013

Image Editing di Ms Word

Halo Hai Pemirsa...

Baru-baru ini di grup FB saya ada lomba membuat cover untuk halaman grup FB tersebut, iseng-iseng juga ingin ikut meski hadiahnya ga terlalu besar.
Awalnya agak bingung juga menentukan konsep karena temanya Valentine, secara saya ga berbakat sama sekali tentang "cinta-cinta"an, akhirnya bisa juga karena niat yang kuat.
Nah disini mulai timbul masalah
karena saya ga punya peralatan editing gambar yang keren-keren dan juga emang ga hobi kulik-kulik editing gambar, paling banter photoscape, tapi karena sudah lama ga make jadinya canggung juga... dan kok rasanya kurang fleksibel gitu. Akhirnya teringat waktu dulu editing logo dan foto di Ms-Word. Mungkin agak aneh ya sebuah program word processor dipakai untuk image editing, tapi kenyatannya program Microsoft Word sendiri memang menyediakan menu untuk itu bahkan tidak memasukkannya pada program "paint" yang notabene asli program image editor buatan Microsoft, tanya kenapa?

Program ini secara sadar atau tidak anda sadari juga bisa layering atau istilah awamnya menumpang-tindihkan gambar seperti pada program canggih lainnya. jadi selebihnya tergantung pada kreatifitas kita aja.

Untuk menyelesaikan proyek itu saya menggunakan program-program berikut :
1. Ms-Word sebagai Kanvas klik Insert Image-canvas. setelah selesai lalu di Print-Screen
2. Ms-Paint, paste hasil print screen dan ubah jenis file menjadi .jpg atau .png
3. Ms-Office Picture Manager untuk me-resize dan cropping hasil Print-Screen tadi
dan...
4. Photoscape. untuk keperluan kecil semacam efek kilau, mawar, hujan dll. diambil dari direktori program ini, jadi sebenarnya ga usah buka programnya
5. Google image, Kalau gambar jadi yang ada di directory Photoscape dirasa kurang biasanya musti cari lagi di google. haha

Yup itu aja alat-alat yang dibutuhkan, lagi malas bikin tutorial bergambar.

salam ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar