Selasa, 01 Maret 2011

Mengetik cepat bukan berati cepat selesai



Secepat apapun gaya mengetik anda bukan jaminan dokumen anda juga cepat selesai, ini sedikit pengalaman pribadi ketika melihat beberapa orang yang mengetik dan harus terhenti ditengah jalan karena format ketikannya menjadi sulit dan tidak teratur. Apalagi ketika dokumen yang diketik memiliki sub-bab seperti makalah atau skripsi atau penempatan tanda tangan seperti formulir atau surat.
sedikit tips dari saya:

  1. Hindari menggunakan “Tab” , mungkin untuk dokumen yang sedikit hal ini tidak apa-apa, namun akan jadi masalah ketika dokumen yang anda ketik banyak, karena keselarasan antara paragraf atas (lembar awal) dan paragraf bawah (lembar seterusnya) akan tidak terkontrol
  2. bermainlah dengan “first indent”, “hanging indent” dan “left indent” (ada pada penggaris), pengaturan ini membuat dokumen anda selaras dari awal hingga akhir tanpa harus selalu menggunakan tab di awal paragraf.
  3. Daripada menggunakan “Tab” untuk melebarkan jarak spasi, lebih baik menggunakan tabel (kemudian sembunyikan garisnya)
  4. Ketika menyalin (copas) dari halaman internet jangan langsung dipindahkan ke MS-Word, salin dulu ke notepad, baru dari notepad pindahkan ke Word. hal ini agar menghilangkan “format” yang berantakan saat penyalinan hingga mudah di-edit lagi, serta mempercepat proses penyalinannya.
  5. mengetik surat atau yang memerlukan tanda ( : ) berulang hingga ke bawah?, jadikan tabel saja. hingga akan terlihat seperti ini:
    nama : …………
    umur : …………
  6. kelebihannya tanda ( : ) akan menjadi lebih rapi dan sejajar dibanding “tab”
  7. berkreasilah dengan tabel ini
Sebenarnya masih ada beberapa tips lagi untuk mempercepat penyelesaian dokumen tanpa ribet, tapi yang saya tulis di atas adalah hal-hal mendasar yang sekiranya harus anda tahu dan kecepatan mengetik menurut saya mempengaruhi 40% dari produktivitas anda, selebihnya adalah bagaimana anda memanfaatkan fasilitas yang ada, copas juga termasuk salah satu ide mempercepat penyelesaian tanpa harus cepat mengetik, haha

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mangstaaabbb..nice info gan

Posting Komentar