Rabu, 09 Maret 2011

Membuat formulir online di Blog [2]

Membuat formulir kali ini jauh lebih simpel dari sebelumnya, kita akan menggunakan fasilitas dari google document kalo sudah punya gmail mungkin lebih mudah, tapi kalau belum silakan mendaftar.
pertama buka docs.google.com

kemudian pada pojok kiri atas akan ada seperti gambar di bawah, klik formulir pada menu
klik untuk memperbesar
seperti biasa, google selalu mengutamakan kemudahan untuk penggunanya, dan saya rasa saya tidak perlu panjang lebar dalam menjelaskannya, pembuatan formulir di google docs ini mungkin tak selengkap seperti yang saya bahas sebelumnya, namun bagi anda yang tidak mau repot, google docs ini mungkin pilihan yang tepat.
untuk menambahkan pilihan dalam formulir anda bisa liat gambar
klik untuk memperbesar
untuk melihat pratinjau-nya anda bisa klik link yang tertera pada bawah layar tersebut (yang bergaris hitam)
klik untuk memperbesar
Setelah formulir anda selesai dibuat klik sematkan dan akan muncul kode yang bisa anda salin lalu sematkan pada tempat yang anda ingin formulir itu berada seperti di bawah ini:
klik untuk memperbesar

Perbedaannya dibanding cara sebelumnya adalah ada tulisan “didukung oleh google docs” di formulir anda, dan salah satu kelebihan yang saya suka adalah, isian dari formulir tersebut akan muncul sebagai lembar kerja atau tabel laporan yang otomatis ada dalam Dokumen anda di google docs, dan anda akan diberitahu bila ada yang mengisi atau mengubah formulir ini ke email anda.
OK, itulah kedua kandidat penyedia formulir pihak ketiga yang saya rekomendasikan untuk digunakan di blog/website, khususnya para pengguna yang belum memiliki hosting sendiri atau kurang memahami betul tentang HTML (termasuk saya) agar terlihat profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar